Kamis, 16 Oktober 2014

Bulan Bakti Peternakan dan Keswan Indonesia

Fakultas Peternakan UNSOED ambil peran dalam Puncak Bulan Bakti Peternakan dan Keswan Indonesia


Sabtu, 20 September 2014 telah dilaksanakan Puncak Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan di Wilayah BBPTU-HPT Baturaden lebih tepatnya di Rearing Farm Manggala, Cilongok. Kegiatan ini bertemakan “Dengan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Kita Wujudkan Kedaulatan Pangan Asal Ternak”. Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun ini dihadiri sekitar 1406 peserta yang terdiri dari Bapak Wakil Kementrian Pertanian, Gubernur Prov. Jateng, Bupati Banyumas, Bapak Dirjen PKH dan jajarannya, Bapak Irjen Kementan serta Pejabat lingkup Ditjen, PKH, Pemprov Jateng, Pemkab Banyumas, peternak Klaten Boyolali, SMD, peternak Kop. Pesat, THL Keswan, ISPI, PDHI, pramuka, media massa dan tidak luput pula peserta dari Mahasiswa Peternakan Unsoed sekitar 100 orang. Mahasiswa Peternakan Unsoed turut andil beberapa bagian dalam kegiatan ini dimana tergabung menjadi panitia kegiatan, peserta Public Awareness, dan pendamping tokoh-tokoh penting mendampingi penanaman Hijauan Pakan Ternak.
Mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed berperan sebagai panitia pelaksana kegiatan dan yang paling berkesan adalah menjadi pendamping 10 tokoh penting dalam kegiatan Penanaman Hijauan Pakan Ternak. Mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed begitu interaktif dalam setiap bagian terutama pada saat dialog interactive Public Awareness.        Kegiatan Bulan Bakti Peternakan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan bersama. Kemudian disambung oleh sambutan Bupati Banyumas, Laporan Ditjen PKH dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, dan sambutan dari Wakil Menteri Pertanian yang menandakan dibukanya acara Puncak Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan yang dimulai dengan Dialog Interactiv Public Awareness.
Narasumber pada Dialog Interactiv Public Awareness  yaitu Bapak Wakil Menteri Pertanian, Bapak Gubernur Jawa Tengah, Bapak Dirjen PKH dan Perguruan Tinggi. Dialog ini diikuti oleh semua peserta Public Awareness. Peserta sangat antusias mengikuti dialog ini dengan beberapa pertanyaan, disamping itu di lain tempat sedang dilakukan penjurian Lomba Kambing Tingkat Kabupaten Banyumas.
Setelah Dialog Interactiv dan Kontes kambing berjalan, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Lomba Kambing Tingkat Kabupaten Banyumas oleh Bapak Wakil Menteri Pertanan, penyerahan sertifikat Bibit Sapi Perah BBPTU-HPT Baturaden, penyerahan penghargaan pemenang Lomba Kelompok Peternak dan Petugas berprestasi Tkt Nasional, Penandatangan Prasasti Peluncuran Sapi Bibit Hasil Uji Performance dan Nomenklatur UPT Pusat oleh Menteri Pertanian sekaligus penyerahan Bibit HPT oleh Wakil Menteri Pertanian.
Penyerahan Bibit HPT oleh Wakil Menteri Pertanian dilakukan secara simbolis dengan penanaman Hijauan Pakan Ternak secara langsung. Kemudian seluruh peserta ikut serta dalam penanaman Hijauan Pakan Ternak secara bersamaan. Hijauan Pakan Ternak yang ditanam berupa tanaman leguminosa yang kaya akan sumber protein diantaranya Glirisidae, Caliandra dan Indigodera. Ketiga tanaman tersebut selain sebagai HPT juga sebagai tanaman konservasi lahan dan mencegah erosi tanah. Melalui penanaman 5000 pohon diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesuburan tanah dan meningkatkan nutrisi ternak melalui Hijauan Pakan Ternak tersebut. Berakhirnya penanaman Hijauan Pakan Ternak secara bersamaan, berakhir pula kegiatan Puncak Bulan Bakti Peternakan Indonesia. (Bm)
Dialog interaktiv Public Awareness
Bersama Wakil Kementan dan Bupati Banyumas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar